Tuesday 26 January 2016

Mengetahui Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil dan Bayi

CantikanPedia - Mengisap rokok merupakan kebiasaan buruk yang terus berkembang saat ini, meski berbagai peringatan mengenai bahaya merokok telah dikeluarkan. Banyak orang begitu kecanduan dengan merokok tanpa memikirkan akibatnya, termasuk tidak ketinggalan wanita hamil dan ibu menyusui. Khusus bagi wanita hamil maupun ibu yang sedang menyusui, hindari sesegara mungkin kebiasaan merokok. Mengapa harus segera berhenti merokok?

Bahaya Merokok Pada Ibu Hamil

Bagi wanita hamil jangan sekali-kali mencoba merokok. Nikotin yang terhisap dan masuk ke aliran darah dapat mengganggu kesuburan kandungan serta Kesehatan Tubuh. Dan darah yang bercampur nikotin tersebut akan masuh ke janin. Ini sangat membahayakan sekali bagi janin, akibat yang bisa ditimbulkan adalah bayi lahir prematur. Hasil sebuah studi baru menunjukkan bahwa wanita yang merokok selama kehamilan kemungkinan besar akan mempunyai anak dengan gangguan perilaku.

Temuan ini sejalan dengan pola yang dikatakan dalam studi sebelumnya, yang menghubungkan merokok selama hamil dengan perilaku yang suka mengganggu dan bahkan jahat pada masa anak-anak nantinya, demikian menurut Dr. Judith Brook dan rekan-rekannya dari Mount Sinai School of Medicine di New York. Berdasarkan temuan ini, para peneliti mencari hubungan antara merokok selama kehamilan dengan perilaku marah dan negatif pada anak berusia 2 tahun yang berasal dari kehamilan tersebut. Kadar sifat negatif yang diperlihatkan anak tersebut langsung terkait dengan tingkat rokok ibunya semasa hamil, menurut hasil yang dipublikasikan dalam edisi April Archives of Pediatrics and Adolescence Medicine. Makin banyak wanita merokok, makin buruk sifat marah, perilaku impulsif dan meningkatnya resiko pada anak tersebut, demikian dilaporkan para peneliti ini.

Menurut studi terbaru yang dilakukan para ilmuwan dari Loma Linda University School of Medicine ditemukan salah satu bahaya rokok bagi janin. Disebutkan bahwa janin yang terpapar nikotin akan menderita tekanan darah tinggi saat ia dewasa. Akibatnya, mereka beresiko menderita serangan jantung di usia muda. berikut beberapa Dampak Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil dan Bayi.
Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil dan Bayi

Dampaknya Bagi Bayi Dan Ibu

 

Keguguran atau Abortus Spontan
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang merokok memiliki persentase yang lebih tinggi mengalami keguguran, yakni 35% dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Penyebabnya tentu saja adalah berbagai zat kimia dari rokok yang secara tidak langsung turut dikonsumsi bayi tersebut.

Kurang Konsentrasi dan Mengalami Masalah Perilaku
Ibu hamil yang merokok dapat menyebabkan efek jangka panjang pada bayi setelah dilahirkan seperti menjadi hiperaktif, mengalami masalah konsentrasi dan juga perilaku. Hal-hal terebut terjadi oleh karena adanya penyempitan pada pembuluh darah plasenta.

Potensi Penyakit Paru-Paru
Bayi yang dilahirkan dari ibu yang merokok selama masa kehamilan rentan mengidap gangguan pernafasan kelak. hal ini terjadi akibat organ paru-paru bayi yang tidak berkembang secara sempurna akibat banyak bersentuhan dengan zat kimia dari rokok.

Berat Bayi Rendah
Kalaupun bayi bisa dilahirkan dengan normal maka besar kemungkinan akan mengalami pertumbuhan tidak normal. Nikotin dari rokok yang masuk ke tubuh ibu akan mempengaruhi jumlah dan kualitas oksigen yang diterima bayi dalam kandungan.

Bayi Lahir Prematur
Jika bayi tidak mengalami kematian saat masih di dalam perut, umumnya akan mengalami kelahiran prematur atau kelahiran bukan pada waktunya akibat ibu yang merokok saat kehamilan. Saat minggu-minggu pertama kehamilan, bayi umumnya tidak akn berkembang secara normal akibat kurangnya oksigen dan nutrisi yang masuk.
Hal ini menyebabkan sistem dalam tubuh ibu hamil secara otomatis melakukan penolakan terhadap kehamilan dan akibat yang sering terjadi adalah keguguran. Tapi jika bayi mampu bertahan maka kemungkinan yang terjadi adalah lahir prematur.

Ibu Hamil Yang Perokok Pasif Juga Rentan Terhadap Bahaya Merokok

Perokok pasif adalah setiap orang yang menghirup campuran dari asap yang dikeluarkan dari rokok dan yang dihembuskan oleh perokok aktif. Asap yang langsung keluar dari ujung rokok yang terbakar memiliki lebih banyak zat berbahaya dari pada asap yang dihembuskan oleh perokok.
Jika seorang wanita hamil terpapar asap rokok setiap hari maka wanita tersebut memiliki semua resiko yang ditanggung oleh ibu hamil yang merokok seperti keguguran, bayi lahir cacat, terlalu kurus dan bebagai kompilasi lainnya.

Jadi seperti itulah Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil dan Bayi. Sangat disayangkan jika seorang ibu yang merokok tapi bayinya juga yang harus menanggung resiko. oleh sebab itu, dengan membaca artikel yang admin bagikan kepada sobat. Semoga kita menghindari bahkan meninggalkan kebiasaan merokok tersebut supaya bayi serta diri kita tidak terkena dampak yang lebih parah lagi.


Sumber : 7topranking.com & pengensehat.com
Load disqus comments

0 comments